Web merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan dari client yang dikenal dengan web browser melalui protocol http kepada server dan mengirimkannya kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web.

Berikut adalah penjelasan bagaimana prinsip dan cara kerja web.
  1. Mengirim permintaan dari web client ke web sever (request). Web client dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki web browser dan terhubung ke web server melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan web server, yaitu komputer yang didalamnya terdapat perangkat lunak web server dan juga harus terhubung dengan jaringan intranet atau internet. Agar web server dapat diakses oleh web client maka keduanya harus terhubung ke dalam satu jaringan intranet atau internet. Dalam jaringan internet, web sever memiliki kode komputer (IP Address) seperti 202.10.20.10 atau 200.100.50.25. Tetapi karena pembacaan IP Address dalam bentuk angka tersebut sabgat sulit dihafal oleh user dari web client maka IP Address tersebut diganti dengan sebuah alamat web yang biasa disebut dengan URL (Uniform Resource Locator), seperti www.google.com, www.yahoo.com, www.facebook.com, dan lain lain.
Proses permintaannya yaitu user pada web client akan meminta suatu halaman ke web server untuk ditampilkan di web client dengan cara mengetikkan suatu alamat web di web browser, seperti http://www.google.com. User akan menekan tombol Enter pada komputer atau dengan meng-klik tombol Go pada web browser. Lalu media jaringan intranet atau internet dan melalui protocol http, akan dicarilah komputer yang beralamatkan www.google.com. Jika ditemukan maka terjadilah sebuah permintaan halaman utama dari alamat web yang bernama google tersebut. Inilah yang disebut dengan request.

  1. Mengirim apa yang diminta oleh web client (response). Karena mendapat permintaan halaman utama google dari web client, maka web server akan mencari-cari di komputernya halaman yang sesuai dengan permintaan web client. Dalam hal ini tidak semua halaman yang diminta bisa ditemukan. Jika halaman ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke web browser yang ada di web client melalui protocol http respone. Halaman yang akan dikirim ke web browser dari web server tersebut disebut juga dengan web files. Tapi jika halaman tidak ditemukan, maka web server akan memberi pesan “404. page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan. Proses inilah yang disebut dengan response.


Istilah-istilah dari bacaan di atas:

URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah alamat yang diperlukan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh suatu computer pada internet
Contoh URL : http://www.facebook.com/profil1000467.com)

Setiap komputer yang terhubung ke Internet dapat didaftarkan untuk memiliki nama yang disebut hostname. Hostname yang lengkap disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN).
Contoh FQDN: www.facebook.com

FQDN ini terdiri dari:
- Nama host (hostname).
- Nama tempat komputer itu berada secara fisik atau secara kepemilikan (name of site).
- Jenis organisasi pemilik.

Alamat URL terdiri dari :
- Jenis protokol atau metode yang dipergunakan untuk mengakses informasi (access method).
- FQDN komputer tempat informasi itu berada.
Penunjuk atau file dokumen yang menampung informasi tersebut (resource locator)

Web client
Adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut web browser.

Web browser
Adalah aplikasi yang digunakan oleh web client untuk dapat mengakses web server

Web server
Adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi.

Web files
Adalah informasi atau data-data yang dimiliki oleh web server yang akan diberikan kepada web client

http (HyperText Tranfer Protokol)
Adalah protokkol yang bertugas mengirimkan perintah dari web browser ke web serve..

http respone
Adalah Protokol yang bertugas mengirimkan balasan berupa data atau informasi dari web server ke web browser

0 comments:

Post a Comment

What time is it?

About Me

My photo
Pekanbaru, Riau, Indonesia

My Timeline

Follow aaimm on Twitter

Blog List

Followers

Blogger Bertuah