Silverlight merupakan development software generasi terbaru dari Microsoft untuk mengembangkan aplikasi berbasis Rich Interactive Applications (RIA) untuk web. Rich Internet Applications merupakan sebuah aplikasi web yang memiliki karakteristik sama dengan aplikasi desktop yaitu dapat menampilkan multimedia seperti animasi, grafik, ataupun audio video pada web.


Silverlight distribusikan sebagai plug-in pada sebuah web browser dan pemakaiannya harus dengan menginstal runtime Silverlight, agar dapat mengakses fitur-fitur yang disajikan Silverlight pada web browser yang digunakan. Awalnya silverlight dirilis sebagai plugin video streaming, kemudian dengan keluarnya versi-versi terbaru Silverlight memberikan tambahan fitur, mendukung bahasa pemrograman berbasis .Net dan memiliki Development Tools.

Silverlight kompatible pada system operasi Windows dan Mac OS X. Untuk perangkat selular, dengan system operasi Windows Mobil 6 dan Symbian (Seri 60) phone, akan dirilis pada 2010. Sedangkan untuk Linux, FreeBSD dan platform open source lainnya diperkenalkan pula sebuah runtime yang bernama Moonlight yang dikembangkan oleh Novell yang bekerja sama dengan Microsoft. Tetapi beberapa fitur dari Moonlight tidak sesempurna fitur yang dimiliki oleh Silverlight.

Saat ini silverlight telah merilis versi 3.0 beta. Versi 1.0 dirilis pada September 2007 dan versi 2.0 dirilis pada awal 2008. Walaupun masih tergolong aplikasi baru , implementasi Silverlight sudah banyak ditemukan di website-website besar. Misalnya pada web http://memorabilia.hardrock.com, halaman web ini memiliki fitur untuk zoom in dan zoom out gambar dengan resolusi yang tinggi (yang disebut dengan DeepZoom) sehingga ketika melakukan zoom in atau memperbesar gambar dengan ekstrim tidak mengakibatkan gambar menjadi pecah.

Aplikasi Silverlight terdiri dari file text, sehingga dapat ditulis dengan text editor apapun. Untuk pengembangan yang lebih besar dapat menulis aplikasi silverlight dengan bahasa pemrograman berbasis .NET. Sedangkan untuk desain user interface dapat menggunakan Microsoft Expression Blend. Untuk keperluan development harus memerlukan Microsoft Silver SDK yang bisa didownload di http://silverlight.net. Sedangkan pembuatan aplikasi dengan silverlight, bahasa pemrograman yang digunakan adalah XAML (eXtensible Application Markup Language).

Dalam sebuah halam web sudah lazim ditemukannya animasi-animasi yang pada awalnya hanya dibuat dengan tag HTML yang ditambahkan dengan gambar yang berekstensi GIF. Lalu dalam perkembangannya muncullah cara-cara baru, seperti dengan menggunakan JavaScript, DHTML, dan DOM (Document Object Model). Dan sejak adanya Flash bukan hanya animasi, tetapi game juga yang bisa ditampilkan dalam sebuah halaman web. Oleh karena untuk mendesain animasi, Silverlight sudah memiliki kemampuan serupa dengan Flash.

Sebenarnya masih banyak lagi pembahasan yang menarik tentang Silverlight. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mengenali lebih jauh lagi tentang Silverlight.


4 comments:

Post a Comment

What time is it?

About Me

My photo
Pekanbaru, Riau, Indonesia

My Timeline

Follow aaimm on Twitter

Blog List

Followers

Blogger Bertuah