Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin pesat. Salah satunya yaitu penggunaan handphone. Handphone adalah suatu alat komunikasi wireless yang dapat juga digunakan untuk mengirim pesan dan membuka software aplikasi yang dibuat oleh suatu perusahaan ponsel. Salah satu contoh aplikasi handphone adalah ultraMp3 yang fungsinya untuk mendengarkan musik, disini penulis mencoba membuat aplikasi handphone berupa Kamus bahasa Inggris-Indonesia. Kamus sendiri tidak asing lagi terdengar di telinga kita, kamus merupakan alat bantu yang digunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa. Pada saat sekarang penggunaaan kamus sangat diperlukan akan tetapi yang tidak mempersulit user dengan kata lain praktis dalam penggunaannya, oleh karena itu penulis berusaha mengimplementasikan pemikirannya dengan mencoba membuat aplikasi perangkat mobile / handphone berupa kamus.

Kamus mobile yang di pasangkan pada perangkat handphone, dapat dijadikan sebagai jalan alternatif dalam penerjemahan bahasa inggris ke bahasa indonesia maupun sebaliknya. Metode pembuatan software aplikasi handphone menggunakan software Java. Sun Microsystem telah mendefinisikan tiga paltform java, yang masing-masing diarahkan untuk tujuan tertentu dan untuk lingkungan komputasi yang berbeda-beda :
a. Standard Edition (J2SE): Didesain untuk jalan pada komputer desktop dan komputer workstations.
b. Enterprise Edition (J2EE): Dengan built-in mendukung untuk servlets, JSP, dan XML, edisi ini ditujukan untuk aplikasi berbasis server.
c. Micro Edition (J2ME): Didesain untuk piranti dengan memori terbatas, layar display terbatas dan power pemrosesan yang juga terbatas. 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, J2ME dirancang untuk dapat menjalankan program java pada perangkat-perangkat semacam handphone dan PDA, yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan sebuah komputer biasa, misalnya kecilnya jumlah memori pada handphone.
J2ME Configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Pencipta J2ME mendefinisikan hanya dua konfigurasi yaitu:
a. Pribadi, yaitu piranti yang kadang-kadang terhubung dengan jaringan, hal ini didukung oleh Connected Limited Device Configuration (CLDC). Katagori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada handphone semacam Nokia, Samsung, Java Phone, Motorola i85s. Umumnya perangkat tersebut hanya memiliki memori berukuran 160-512 KiloBytes
b. Terus-Menerus, yaitu piranti yang terus menerus terhubung dengan jaringan, hal ini didukung oleh Connected Device Configuration (CDC). Katagori ini umumnya digunakan untuk aplikasi java pada perangkat handheld devices dengan ukuran memori paling tidak 2 MegaBytes. Contohnya adalah Internet TV, Nokia Communicator dan car television.

CLDC (Connected Limited Device CDC (Connected Device
Configuration) Configuration)

Mengimplementasikan subset dari J2SE. Mengimplementasikan seluruh fitur
dari J2SE.

JVM yang digunakan adalah KVM. JVM yang digunakan adalah CVM.
Digunakan pada perangkat handheld Digunakan pada perangkat handheld
(handphone, PDA, two way pager) (internet TV, Nokia Communicator, car TV)
dengan memory terbatas (160-512 kb). dengan memory minimal 2 Mb.

0 comments:

Post a Comment

What time is it?

About Me

My photo
Pekanbaru, Riau, Indonesia

My Timeline

Follow aaimm on Twitter

Blog List

Followers

Blogger Bertuah