Pendahuluan
Sekarang, aplikasi web-based sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, menggantikan aplikasi desktop-based. Ini dikarenakan kepraktisannya dimana pengguna tidak perlu melakukan instalasi aplikasi di desktop masing-masing – cukup buka browser dan menuju server tempat aplikasi tersebut dipasang.
Java sendiri memiliki cabang yang menangani masalah aplikasi web-based ini yang dinamakan Java Enterprise Edition. Cabang ini sebenarnya ruang lingkupnya sangat luas, yaitu ruang Enterprise yang khusus menangani aplikasi-aplikasi berskala besar dan membutuhkan reliabilitas yang tinggi. Web-based application, karena merupakan aplikasi yang multitier, tentu saja termasuk dalam cabang ini.
Apa saja kunci dari aplikasi enterprise? Paling tidak ada beberapa kunci, yaitu:
  • Reliabilitas. Ketahanan aplikasi untuk tetap tangguh melayani permintaan dalam waktu yang panjang.
  • Skalabilitas. Jumlah penggunaan aplikasi yang berkembang dengan cepat dan banyak. Skalabilitas juga bisa diartikan server-server penyusun aplikasi bisa berkembang dalam jumlah yang banyak.
  • Multitier. Satu aplikasi enterprise memerlukan lebih dari satu tier (bagian) yang menyusunnya. Misalnya, client, application server, database server, dan middle tier sebagai penghubung client dan application server.
  • Networked. Kata kunci ini muncul tidak terelakkan dengan adanya tiga kunci di atas.
Java telah memfasilitasi pembuatan aplikasi seperti ini dengan menyediakan sebuah sistem dan bingkai kerja (framework) yang khusus didesain untuk aplikasi enterprise sehingga memudahkan developer. Fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh Java? Banyak sekali, di antaranya adalah yang saya sebutkan di bawah ini:
  1. Mekanisme komunikasi antara client dan server.
    Protokol komunikasi yang paling umum digunakan adalah HTTP. Java memiliki struktur mekanisme yang paling dasar untuk menangani protokol HTTP, yaitu Java Servlet.
  2. Kit dan berbagai komponen untuk penyajian antar muka pengguna, atau user interface.
    HTML hanya menyediakan komponen user interface yang sangat dasar. Berdasarkan komponen tersebut, Java Enterprise menyediakan komponen-komponen tambahan yang memudahkan penyajian isi, misalnya seperti validasi otomatis, komponen kalender, komponen auto-complete, dan sebagainya. Java Server Pages, adalah kunci dari nomor 2 ini.
  3. Persistent Connection dan Object Relational Mapping.
    Aplikasi enterprise nyaris tidak bisa dipisahkan dari koneksi ke database. Karena Java adalah bahasa yang sangat berorientasi objek, maka Java menyediakan mekanisme khusus untuk menangani database relasional secara object-oriented. Data-data pada database disimpan dalam objek-objek yang telah didefinisikan, sehingga sangat memudahkan kita untuk melakukan operasi database (Create, Update, Delete, Select) dengan langsung mengakses objek tersebut. Standar Java Enterprise yang mengurusi masalah ini adalah EJB (Enterprise Java Bean).
Java Enterprise Edition sebenarnya hanyalah spesifikasi-spesifikasi yang ditulis dalam standar JSR. Oleh karena itu dalam implementasinya ada beberapa model bingkai kerja Java Enterprise yang didukung oleh vendor-vendor tertentu. Apa saja implementasi standar JSR yang didukung resmi oleh vendor-vendor besar seperti Sun dan Oracle? Ada Java Server Faces, Java Server Pages, dan Enterprise Java Bean (EJB).Selain vendor-vendor resmi, beberapa komunitas juga mengembangkan standar mereka sendiri untuk membangun aplikasi enterprise. Berbasis Java, ada bingkai kerja semacam Struts 2, Spring, dan semacamnya. Aplikasi-aplikasi ini meskipun tidak mengimplementasikan JSR, telah cukup untuk membuat aplikasi enterprise. Ini yang akan saya bahas nanti.
Aplikasi yang akan saya bangun nanti adalah sebuah aplikasi kosong yang memiliki fungsional enterprise. Framework yang saya gunakan adalah:
  1. Struts 2, framework yang mengatur hubungan antara client dan server. Struts 2 memiliki roh dari Webwork 2.
  2. Spring, framework untuk mengatur MVC (Model View Controller).
  3. Hibernate, framework untuk Object Relational Mapping. Semacam Entity EJB jika di standar Java Enterprise.


sumber : http://blog.galihsatria.com

0 comments:

Post a Comment

What time is it?

About Me

My photo
Pekanbaru, Riau, Indonesia

My Timeline

Follow aaimm on Twitter

Blog List

Followers

Blogger Bertuah